Thursday, February 21, 2002

Body Shop

Pada awalnya, Anita Roddik sebagai pendiri Body Shop memang punya semangat alternatif, di mana ia mendukung penggunaan kosmetika dari nature, menolak eksperimen terhadap binatang. Dalam waktu beberapa tahun, pandangan dan sikap ini menjadi suatu corporate culture yang mendatangkan publisitas (bukan iklan) yang luar biasa dari media. Ini adalah satu keuntungan besar, karena dari sisi publikasi, sorotan positif dilakukan oleh pihak ketiga,
bukan pihak yang ingin berjualan.

Di sepanjang perjalanannya, isyu ini tetap menjadi campaign besar dan mereka beriklan secara rutin dengan konsep tersebut. Iklan sebenarnya juga merupakan suatu tuntutan, karena sorotan media (publisitas) tidak lagi sebesar di awal.

Oleh karena itu pula banyak perusahaan belakangan ini memilih berkomunikasi melalui kegiatan PR yang diharapkan akan mendatangkan sorotan positif ketimbang iklan yang kadang dianggap kurang jujur.

Referensi lain yang menggunakans strategi komunikasi serupa atau bahkan lebih ekstrim adalah Benetton, bahkan mereka mengeluarkan majalah Color yang mengajak masyarakat aware terhadap isyu-isyu regional dan global yang berhubungan dengan kemanuasiaan.

Andi
Digital Studio

No comments:

Post a Comment