Judul: Flash 5 Cartooning: Planning, Drawing and Animating Your Won Cartoons.
Pengarang: Mark Clarkson
Penerbit: Hungry Minds, Inc.
Tebal: 231 halaman, full color
Mengapa Yogi Bear menggunakan dasi? Berapa gambar yang dibutuhkan untuk membuat walk cycle? Bagaimana menyelaraskan suara dan ekspresi mulut? Ini adalah jenis-jenis pertanyaan yang akan terjawab di dalam buku ini. Tidak seperti buku-buku Flash lainnya, di dalam buku ini pemahaman artistik dan teknis membuat animasi dibahas sedalam pembahasan teknis penggunaan software Flash sebagai perangkat pembuat animasi.
Flash sendiri dimulai sebagai software untuk membuat animasi cel (baca: kartun) bernama Future Splash. Dengan perangkat ini, dimungkinkan untuk membuat animasi dengan ukuran kecil untuk didistribusikan melalui Internet. Macromedia melihat potensi perangkat ini dan mengakuisisinya. Dengan kemampuan Macromedia di bidang multimedia, Flash kini dikembangkan menjadi perangkat multimedia interaktif, khususnya dengan fungsi action scripting.
Dalam buku dibahas bagaimana kita perlu menonton dan mempelajari animasi kartun sebelum mulai membuatnya. Dengan tool yang memang didesain untuk para kartunis, Flash memudahkan proses sketsa, penggambaran ulang dan pewarnaan. Dilanjutkan dengan pembahasan pembuatan skrip dan storyboad, diskusi melaju pada penggunaan library yang menyimpan objek-objek yang bisa didaur ulang agar file bisa tetap kecil. Di sini dimungkinkan membuat animasi yang sederhana seperti karya Hanna Barbera dengan membagi karakter menjadi objek-objek yang bisa dianimasikan secara parsial.
Setelah belajar merekam suara, pembahasan berlanjut pada teknik keyframing dan tweening yang berguna untuk membuat animatics (storyboard yang bergerak). Melalui pemahaman walk cycle dan facial animation, kita diajarkan menggunakan teknik sinematografi untuk membuat tampilan kamera yang lebih menarik.
Sesuai judulnya, buku ini berorientasi bagi para artis yang ingin menggunakan Flash sebagai perangkat membuat animasi. ActionScript hanya dibahas sedikit sesuai relevansinya di dalam membuat animasi yang interaktif. Di bagian akhir, diskusi dikonsentrasikan pada pembuatan movie dan distribusi animasi melalui Internet.
Secara umum, buku ini adalah buku kartun yang menggunakan Flash sebagai perangkat dan sesuai untuk mereka yang ingin serius membuat animasi kartun dan mendistribusikannya melalui Internet.
No comments:
Post a Comment