Tuesday, March 22, 2011

Kolaborasi Plasa.com dan eBay Dorong Pertumbuhan E-commerce Indonesia

Sumber: Chip.co.id
CHIP Online Plasa.com dan eBay dorong pertumbuhan E-commerce di Indonesia

Jakarta, CHIP.co.id – Plasa.com mengumumkan kemitraannya dengan eBay yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Diharapkan kemitraan ini dapat memberdayakan usaha Indonesia untuk menjual secara internasional. Kemitraan ini membuka peluang bagi bisnis lokal Indonesia untuk masuk dan lebih mampu bersaing di pasar global.

Indonesia mengalami pertumbuhan eksplosif dalam penetrasi internet dengan sekitar 45 juta pengguna pada tahun 2010, sedangkan di tahun sebelumnya hanya sekitar 1 juta pengguna. Diharapkan pada tahun 2015 pengguna internet di Indonesia akan mencapai 120 juta atau setengah dari penduduk nasional.

CHIP Online Plasa.com dan eBay dorong pertumbuhan E-commerce di Indonesia

Kemitraan Plasa.com ini merupakan langkah awal yang akan membantu bisnis di Indonesia dalam meningkatkan dan melaksanakan perdagangan lintas batas ke dalam model bisnis. Plasa.com merupakan toko online di Indonesia yang didirikan pada tahun 199 di bawah TELKOM yang diluncurkan melalui portal e-commerce pada 27 Mei 2010. Plasa.com memiliki sekitar 1.500 penjual dengan menampilkan lebih dari 20.000 produk dalam 16 kategori produk.

Sedangkan eBay yang didirikan pada tahun 1995 di San Jose oleh seorang programmer komputer yaitu Pierre Omidyar. Hingga saat ini eBay merupakan pasar online terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 90 juta pembeli dan penjual aktif. Ebay hadir di 39 pasar global dengan memiliki pembeli di lebih dari 200 negara. Pendapat eBay pada tahun 2009 memperoleh laba bersih sebanyak $8,7 miliar.
Dengan keseluruhan perjalanan bisnis Plasa.com dan eBay, menjadikan lahirnya kemitraan ini yang akan lebih memberdayakan usaha indonesia dalam menjual produk-produknya di pasar internasional.

CHIP Online Plasa.com dan eBay Pembicara ShintaW. Dhanuwardoyo

Shinta Dhanuwardoyo selaku CEO Plasa.com, Mojopia mengatakan,”Melalui upaya bersama dengan eBay, kami berharap dapat mendorong penguasaha Indonesia untuk aktif berjualan secara online sehingga mempercepat pertumbuhan e-commerce di Indonesia.”

CHIP Online Plasa.com dan eBay Pembicara Andi S. Boediman

Andi S. Boediman selaku Chief Innovation Officer Plasa.com, Mojopia menjelaskan mengenai keberadaan Plasa.com yang merupakan anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang Content, Communication & E-Commerce.

CHIP Online Plasa.com dan eBay Pembicara

Pada kesempatan ini pula, selain Andi S. Boediman dan Shinta W. Dhanuwardoyo, hadir pula Rinaldi Firmansyah selaku Chief Executive Office PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, Oliver Hua selaku Chief Operating Officer, Greater China, Southeast Asia and Japan, eBay Marketplace dan Jason Lee selaku Head Of Southeast Asia anda Middle East eBay Marketplaces.

No comments:

Post a Comment