Saturday, June 06, 2009

Kuliner Akan Masuk Industri Kreatif

Source: Vivanews



VIVAnews - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan kuliner akan dimasukkan ke dalam industri kreatif. Saat ini cetak biru industri kreatif tengah dijadikan studi dan akan dievaluasi.

"Kami berharap demikian, kami akan membuat studi baru dengan Departemen Budaya dan Pariwisata," kata di Nusa Dua Bali Minggu 24 Mei 2009 malam.

Menurut dia, saat ini sudah banyak kemajuan dalam pengembangan kuliner Indonesia. Festival kuliner juga sering digelar. Untuk mendukung industri kuliner diperlukan adanya pendataan terhadap jenis makanan Indonesia.

"Variasi dan jenis makanan Indonesia kan banyak sekali, kita data untuk menjelaskan bahwa makanan tersebut asli Indonesia," tuturnya.

Karena jenis makanan Indonesia yang begitu banyak, maka Indonesia akan memilih beberapa jenis makanan agar lebih mudah dipromosikan. Cara ini dilakukan Thailand, dengan memilih beberapa makanan, seperti Tom Yum sebagai makanan khas Thailand. "Kami akan memilih beberapa yang akan diunggulkan, apakah itu nasi goreng, gado-gado," jelasnya.

Penambahan sektor itu, merujuk pada definisi industri kreatif yang dibuat oleh WIPO (World Intelektual Property Organization) menekankan pada unsur kreativitasnya dan tidak membagi dengan tegas sektor-sektornya.

Menurut cetak biru industri kreatif, terdiri dari 14 sektor industri seperti periklanan, film/video dan fotografi, musik, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, desain fashion, permainan interaktif, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, riset dan pengembangan.

Mari menjelaskan pelestarian industri kreatif dilakukan dengan mengumpulkan database. Misalnya seperti kain tenun tradisional ketika dijual, diberi penjelasan mengenai motif, daerah asal. "Kalau orang mencontoh motifnya, asal diakui mana daerah asalnya," kata dia.

1 comment:

  1. Yuk kita buat Musium Virtual tentang kebudayaan Indonesia, biar lestari dan tidak dicuri "tetangga" lagi :)

    ReplyDelete