Sunday, July 27, 2008

1001 Senyum di Senayan

Source: Kompas.com
Jumat, 18 Juli 2008 | 09:27 WIB

JAKARTA, JUMAT - Katanya orang Indonesia suka berantem. Katanya orang Indonesia tak ramah lagi. Fenomena ini akhirnya menggugah beberapa desainer untuk mengajak masyarakat kembali pada karakter yang "Indonesia" melalui seni desain. Mereka ingin mengajak orang-orang Indonesia mulai rajin tersenyum lagi. Senyum menurut mereka adalah output dari kebersihan hati dan kunci dari interaksi.

Senyum inilah yang kemudian diangkat dalam 1001 Indie Smile Exhibition yang menjadi salah satu acara utama dalam rangkaian 1001 Inspiration Design Festival 2008 yang diselenggarakan oleh Digital Studio Creative Education dan Majalah Concept dari tanggal 17 sampai 24 Juli 2008 di Senayan City, Jakarta.

Selain itu, festival ini juga terdiri atas acara utama lainnya, seperti 1001 Portfolio of Digital Studio, launching Komik ALiA, seminar kreatif Fire Up Your Inspiration, dan Creative Workshop.

Menurut Andi S Boediman, salah satu festival publisher yang berasal dari Digital Studio Creative Education, dalam kompetisi senyum Indonesia ini mereka telah mengumpulkan 1001 karya desainer muda se-Indonesia. "Senyum-senyum itu kemudian dituangkan dalam karakter "Peyo". Karakter ini hasil Indonesia," ujar Andi ketika ditemui Kompas.com sebelum acara pembukaan festival di Jakarta, Kamis (17/7).

Peyo sendiri adalah karakter buatan mereka yang khusus dikonsepkan untuk acara ini. Menurut Andi, Indonesia tidak memiliki karakter yang cukup terkenal, sedangkan negara lain memiliki banyak karakter yang sudah mendunia dan dapat menghasilkan jutaan bahkan miliaran dollar setiap tahunnya. "Karakter itu potensial untuk menghasilkan revenue yang tinggi dalam suatu produk. Mengapa pilih Peyo karena nama itu paling Indonesia," tandas Andi.

Desain-desain pada karakter Peyo sangat unik. Ada gambar para politisi, profesi-profesi, karakter, dan hal-hal lucu lainnya yang semuanya tersenyum. Andi dan kru-nya berharap hasilnya dapat membawa inspirasi bagi masyarakat yang melihatnya hingga dapat menularkan kedamaian melalui senyum kepada orang lain di mana pun dirinya berada.

Pemenang karakter Peyo dengan makna senyum yang terbaik akan diumumkan pada hari Minggu ini. "Nantinya desain senyum terbaik tidak hanya akan dipublikasikan dalam karakter Peyo. Kami sudah mencoba menggaet beberapa pelaku bisnis untuk mengadaptasinya. Misalnya, provider menjadikannya desktop screen handphone," ujar Andi.

Tentu saja, selain Peyo, peluncuran Komik ALiA paling ditunggu-tunggu pada hari Sabtu ini pukul 13.00. Komik ALiA adalah hasil kolaborasi dari para insan komik Indonesia, majalah Concept, dan penerbit independen yang memiliki mimpi untuk menerbitkan komik Indonesia secara berkualitas.


Caroline Damanik
Sent from my BlackBerry © Wireless device from XL GPRS/EDGE/3G Network

No comments:

Post a Comment