Friday, March 08, 2002

Membangun Digital Studio

posted at Designcampur mailing list

Q: Benar-benar... semenjak saya baca buku "Rich Dad, Poor Dad" saya pingin juga keluar dari perlombaan tikus... so bagi-bagi ilmu donk pak andi ttg sisi lain dari desain (baca : bisnis). Soalnya sekarang saya Cuma orang 'disuruh' kerja doank..he..he.he...

A: Udah abis, baca lanjutannya, Cashflow Quadrant (lebih bagus), terus Guide to Investing (lebih bagus lagi) dan The Richest Man in Babylon.

Start small. Saya membangun Digital Studio dengan modal 10 juta di th 96. Itu sebagian buat beli software, clip art, dll. (bukan versi Mangdu lho). Untuk operasional tinggal sekitar 3 juta. Saya start dengan bisnis web design di awal 96. NGGAK LAKU. Nggak ada yang ngerti apa itu Internet. Terus ganti haluan ke grafis. Saking nggak punya klien, duit di kantong tinggal 10 rebu. Abis itu janji pada diri sendiri 'I'll never be hungry again!!' (itu tuh, kayak film Gone with the Wind).

Dengan modal utang, ngotot cari klien lagi dari nol. Abis Arema di Jkt kan nggak punya kenalan. Jadi kenalan aja ke sana ke mari kayak maling :)

Dengan mulai dari hal-hal kecil, akhirnya dipercaya untuk hal-hal yang lebih besar. One thing lead to another. Tapi inget, jangan pernah kehilangan visi. Visi boleh besar, tetap perlu dijalankan setapak demi setapak.

Dari tiap kali kesandung, bikin kesalahan, selalu ambil hikmahnya. Hingga hari ini, saya belajar banyak dan selalu sharing ke orang lain.

Good luck

Andi
Digital Studio

3 comments:

  1. Annisa Wardani12:53 PM

    I am so honored to know you, sir. Salam kenal pak Andi:) Saya baru pertama kali singgah dan baca blog bapak ini. Insightful. Semoga kapan-kapan kita dapat berkopi darat, dan saya bisa share, discuss dan menimba ilmu lebih banyak dari pengalaman pak Andi. Salam sukses selalu:)

    ReplyDelete
  2. Annisa Wardani12:55 PM

    Saya baru tahu, ternyata proses membangun Digital Studio yg fenomenal di Indonesia itu butuh waktu belasan tahun untuk 'ngetop':) Brave.. Selamat pak.

    ReplyDelete
  3. The honor should be mine. Salam kenal juga.

    Mampir pada kegiatan 1001 Inspiration Design Festival tgl 17 - 24 Juli di Senci ya. I will be there.

    ReplyDelete