Saturday, June 10, 2000

Photoshop Color & Automation

posted at Indo3D mailing list

Q: Apa bedanya RGB dengan CMYK...??...(apa CMYK itu untuk gambar yg mau diprint...apakah berarti saya harus mengubah warna dulu ke CMYK...bagaimana kalau awalnya RGB abis itu diubah ke CMYK....apakah ada perbedaan yg jauh sekali???..)

A: RGB (red greeen blue) merupakan color space dari device yang menggunakan cahaya sebagai dasar (scanner, monitor, mata kita), jika dicampur akan menghasilkan warna putih, sehingga disebut juga warna aditif, sedang CMYK adalah color space dari tinta cetak yang jika CMY tadi dicampur akan menghasilkan warna hitam sehingga disebut warna subtraktif. Tetapi karena gabungan CMY pada kenyataannya tidak mampu menghasilkan warna hitam yang murni (akibat impuritas tinta), makanya terpaksa ditambahkan warna hitam.

Untuk gambar yang mau diprint harus dikonversi dulu ke CMYK. Setting untuk mengkonversi RGB ke CMYK di Photoshop berada pada File/Color Setting/CMYK Setup (PS 5 & 5.5). Setting default Photoshop untuk konversi sebenarnya diatur agar kualitas gambar optimal jika dicetak di atas art paper.

Gamut adalah batas dari kemampuan medium tertentu untuk mereproduksi warna. Gamut RGB memang lebih luas dari gamut CMYK sehingga ada warna-warna tertentu yang hanya direproduksi di RGB tetapi tidak bisa di CMYK, contohnya: warna ungu, hijau yang terang. Sebaliknya, warna-warna kuning, magenta dan cyan juga tidak dapat direproduksi oleh monitor serupa saat dicetak. Hal ini memang merupakan keterbatasan masing-masing medium.

Photoshop akan secara otomatis memasukkan warna yang di luar gamut menjadi di dalam gamut CMYK saat konversi. Agar warna dapat kelihatan lebih vibrant, Anda bisa menambahkan saturasi gambar di CMYK.

Q: Kalau mau ngeprint dgn hasil yg tajam dan optimal...minimal harus berapa dpi??...(kalau nggak salah 300 dpi ya??....)

A: Jika raster (halftone screen frequency) saat cetak digunakan 150 lpi, resolusi yang dibutuhkan adalah 1,5 - 2 kali sehingga didapat 300 dpi. Tetapi pada raster untuk koran hanya digunakan 85 lpi sehingga resolusi maksimal yang dibutuhkan hanya 170 dpi.


Q: Minta tolong dong, ada yang tau gimana caranya nge reduce ukuran images yang sekaligus banyak? Saya punya 550 image sequences (640x480), ukurannya mau dikecilkan jadi 320x240 tanpa harus render ulang... pake apa ya ?

A: Saya tidak menyarankan untuk melakukan proses pengecilan dengan Premiere karena proses interpolasinya tidak sebagus Photoshop atau After Effects.
Jika menggunakan Photoshop, gunakan fungsi Actions. Caranya, buka satu gambar dan buat action baru dengan merekam langkah pengecilan gambar. Setelah itu, jalankan Actions ke seluruh folder dengan menggunakan File>Automate>Batch.

Andi
Digital Studio

No comments:

Post a Comment