Thursday, October 07, 2010

Plasa.com dan eBay, Kemitraan untuk Membawa Bisnis dari Indonesia Menjadi Bisnis Dunia

Enam bulan sudah Plasa.com memperkenalkan perilaku belanja lewat dunia maya, memeriahkan gegap gempita dunia Internet di Indonesia. Plasa.com adalah situs belanja dengan layanan lengkap, mulai dari fungsi pembayaran yang terintegrasi mampu menerima kartu kredit hingga layanan customer service yang selalu siap menjawab melalui telepon, email dan chat.

Membeli dan menjual di Internet bukanlah hal baru, meskipun di Indonesia hal ini merupakan gaya hidup terkini dari kita yang selalu menjalin hubungan via Facebook dan mengupdate status via Twitter.
Menariknya, cukup banyak lahir entrepreneur baru dari dunia maya ini. Ambil contoh, Jairus Madison dari Indonesia sudah menjadi pecinta uang kertas dan kolektor barang antik ketika seorang temannya memperkenalkan dia tentang belanjan online di tahun 2005. Dia dengan cepat dapat menemukan suatu tempat yang sangat baik untuk menjual dan membeli barang. Gagasan yang muncul dalam benaknya adalah “Saya mau menjual sesuatu!”

Kemudian, dia pun mulai untuk menjual uang kertas antik dari koleksi pribadinya. Dari sini ia mulai menggarap secara serius untuk menjual uang kertas karena pasar kolektor yang demikian besar, mudahnya pengiriman internasional dan produk ini memiliki nilai investasi yang besar.
Hal utama yang dilakukannya adalah komitmennya yang tinggi untuk membantu para pelanggannya untuk melacak paket kiriman untuk mereka dan menginformasikan kepada mereka jika ada penundaan atau jika mereka perlu untuk mengambil kiriman dari kantor pos.

Lahirnya seorang Jairus di Indonesia menunjukkan bahwa bisnis lokal mampu menjadi bisnis global dalam jangkauan akses Internet.

Kemitraan dengan eBay

1 mobil terjual setiap 1 menit dan 1 pasang sepatu terjual setiap 3 detik.  Ini adalah fakta dari eBay. Mereka memiliki layanan di 39 pasar online di dunia dengan jangkauan lebih dari 200 negara. Dengan 150 juta pengunjung situs, terjadi transaksi 3 juta barang setiap harinya di 50 ribu kategori barang. Ini adalah contoh menarik pasar global. Kunci utama di dalam membangun bisnis tentu saja adalah ketersediaan pasar.

Plasa.com memiliki visi membangun bisnis Indonesia untuk masuk ke pasar internasional. Kemitraan dengan eBay bertujuan untuk membuka pasar dunia bagi pelaku bisnis di Indonesia.
Indonesia memiliki demikian banyak produk unik yang diminati oleh pasar global. Ini adalah keuntungan dari warisan budaya kita.

Edmund Swoboda adalah seorang ahli batu perhiasan dan seorang perancang perhiasan di Indonesia. Ia mulai berbelanja di eBay lebih dari 10 tahun yang lalu. Kesempatan untuk menjangkau khalayak di seluruh dunia menginspirasi Edmund untuk mencoba menjual produk perhiasan dari koleksi pribadinya. Dia menjadi sangat sukses dalam waktu hanya 2 bulan, berjualan di eBay, yang kemudian menjadi pekerjaan tetapnya.

Sekarang ini, ia mengoperasikan bisnis eBay nya dengan fasilitas 500 meter persegi dan mempekerjakan 10 staf dengan 25 orang lainnya di bengkel perhiasannya. Seiring dengan pertumbuhan bisnisnya, Edmund mulai mengumpulkan mutiara dan batu permata yang jarang dan tidak biasa langsung dari sumbernya di seluruh dunia.

Penjualannya lebih meningkat diikuti dengan rancangan desain emas pribadinya. Ia fokus untuk menciptakan perhiasan yang unik dari bahan-bahan yang menarik ditemukannya melalui perjalanan keliling dunia.

Belajar dari pengalaman di atas, kini saatnya bisnis dari Indonesia untuk masuk pasar dunia melalui kerjasama Plasa.com dan eBay.

1 comment:

  1. Anonymous5:42 PM

    Yang harus dipikirkan lebih lanjut adalah sebaiknya plasa.com bisa menjalin kemitraan dengan courier service, terutama dengan pt pos indonesia, bagaimana supaya ongkos kirim untuk pengiriman barang (ekspor) bisa kompetitif, menurut saya biaya kirim bisa menjadi komponen penting dari suksesnya jualan online ini.

    ReplyDelete