Tuesday, June 17, 2008

Pameran Design di Surabaya

Source: Explore Indonesia

PDF Cetak Email
Oleh : mahar prastowo
Sabtu, 14 Juni 2008 19:49

Sukses dengan FGDexpo2007 di Jakarta, maka Forum Grafika Digital [FGD] bersama Dyandra Promosindo menyelenggarakan pameran East Design & Graphic Expo-EDGE 2008 di Gramedia Expo,18-21 Juni 2008, sekaligus menjadi ajang perkenalan FGDexpo2009 yang akan digelar 6-9 Agustus 2009 mendatang. EDGE 2008 terintegrasi dengan penyelenggaraan Seminar tentang industri Packaging dan industri Digital Printing yang merupakan bagian penting dari pameran.

Seminar tersebut diharapkan akan menjadi suatu media edukasi yang baik bagi masyarakat wilayah timur umumnya dan Surabaya khususnya. Dengan luas total 4.000 meter persegi akan memamerkan segala hal tentang industri percetakan kemasan, Digital Printing, Tinta & Kertas, Signage dan beberapa industri pendukung lainnya. EDGE 2008 juga menghadirkan para ahli, pelaku bisnis produk dan jasa pada bidang industri Printers, Printing Manufacturing and Producers of Printed Media, Book Publishers & Comic, Newspaper Productions and Publishing, Paper Manufacturers and Traders, Printing Machineries and Equipment, Pre-Press in Printing Services, Printing Finishing and Vurnishing, Graphic Designers, Producers of Packaging Materials,Advertising Agencies and Media, Fotographic Arts and Equipments, Computer-Related Graphic System Equipments, Printing Materials and Chemical Supplies, Event Organizers and Public Relations, Broadcasted Media and Services, Graphic Art Supplies.

SEMINAR INDUSTRI KEMASAN MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL Selain pameran produk dan jasa design dan grafika, dalam pameran ini juga akan diselenggarakan seminar sehari mengenai dunia industri kemasan dalam menjawab tantangan global. Sebagaimana diketahui, ketika industri lain tiarap karena terpengaruh kenaikan harga BBM, justru industri ini pada kwartal pertama 2008 melaporkan keuntungan hingga 300%. Artinya, industri ini merupakan peluang investasi pilihan untuk jangka panjang kedepan.

Untuk membahas masalah tantangan industri kemasan beserta berbagai peluangnya, dalam seminar ini yang akan menjadi pemakalah antara lain Listia Natadjaja [ Universitas Petra Surabaya]berbicara tentang kreatifitas kemasan dengan meramu kompetensi global. Ada juga Henky Wibawa, dewan pakar ForumFGD dan Direktur Pengembangan Produk PT Arghakarya Industry, dengan makalah tentang konsep baru pengembangan materi kemasan flexible. Sementara Anwar Kurniawan [ForumFGD / Anta Tirta Kirana] membawakan tema jurus-jurus mengatasi ketatnya persaingan bisnis kemasan. Masih seputar industri kemasan, Marchadi [ForumFGD / Unimes] menjadi pemakalah tentang macam-macam kemasan karton lipat. Adapun mengenai Perlunya menerapkan Standard Mutu Cetakan ISO 12647 oleh Clay Wala [FGDforum].

No comments:

Post a Comment